Term of Reference (TOR)

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Pagi yang indah harus kulalui dengan rapat!!! Agendanya bikin TOR suatu acara…

Hm… Ternyata pas rapat ada yang belum tau TOR… Kesempatan, nih, buat tulisan perdana!!! à pas rapat malah ngetik ini… ^^!

 Term of Reference alias TOR adalah segala batasan yang berguna untuk setiap pengisi (pemateri/pembicara) agar sesuai dengan apa yang diharapkan panitia yang mengundangnya. Pokonya, kalau pernah ngisi materi alias cuap-cuap di suatu acara pasti udah pernah dikasih TOR (kecuali acaranya kurang profesional. Tul, nggak?)

Biasanya TOR mengandung beberapa poin penting yang kudu diperhatikan si pengisi materi. Poin-poin tersebut di antaranya :

·         Judul

Ini wajib and mutlak kudu ada. Tanpa ini, ibarat orang tanpa muka. Kita nggak bakal tau siapa orang itu kalo kita nggak tau wajahnya. Tul, kan? Makanya, acara tanpa judul… Nggak, deh!

·         Tujuan Umum

Tujuan utama mengapa materi tertentu ingin disampaikan dalam suatu acara.

·         Tujuan Khusus

Kalo ini tujuan khususnya mengapa materi tertentu ingin disampaikan dalam acara tersebut. Tujuan-tujuan di sini harus selaras dengan tujuan umum agar si tujuan umumnya itu sendiri tercapai.

·         Hari / tanggal & waktu

Kalo panitia nggak ngasih hari, tanggal, dan waktu acara disampaikan, kira-kira kapan si pemateri/pembicara harus datang?

·         Resume

Hampir mirip dengan tujuan khusus, tapi lebih bersifat teknis. Dalam arti lain bisa menjawab pertanyaan : bagaimana cara agar tujuan khusus tercapai?

·         Kondisi

‘Kondisi’ di sini menggambarkan kondisi objek yang akan diberi materi saat penyampaian materi. Harus diperhatikan siapa peserta yang bakal diberi materi, sehingga penyampaiannya tepat. Biasanya bisa berupa jawaban dari beberapa pertanyaan ini : pesertanya siapa? pekerjaannya apa? Gendernya apa? range usianya berapa? Hobinya apa? Dari suku/negara mana?

·         Metode

Metode ini biasanya berupa rangkaian bentuk materi dalam pembagian waktu tertentu. Misalnya, dari total waktu 2 jam, pemateri/pembicara diberikan kesempatan untuk menyampaikan dengan metode materi selama 1,5 jam, sementara setengah jam berikutnya diisi dengan metode simulasi dan tanya jawab.

·         Keterangan

Apapun yang perlu ditambahkan sebagai pesan untuk pemateri/pembicara biasanya ditulis di sini. Kebanyakan berupa harapan-harapan mengenai teknis saat cuap-cuap. Kadang disebutkan juga peralatan-peralatan (apakah disediakan oleh panitia atau disarankan pemateri/pembicara yang bawa?) yang menunjang penyampaian materi.

Cukup membantu? Selamat bikin TOR buat para panitia!!!

Ups… Pemimpin rapatnya curiga… Udah dulu, ah…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

About these ads

55 responses to “Term of Reference (TOR)

  1. Waaahh, akhirnya, penantian berujung sudah, punya blog juga ya? Siiipp, tapi kok baru satu raf? Mana tulisan2 laennya?

    >> Kang… Sekarang tulisannya nggak cuman atu, kok… Hehehe…

  2. Makasih bngt infonya, sudah cukup membantu saya. Ngomong2 pengalaman jg nih baru tahu TOR itu ternyta begitu tho? Ok thanks b4..

    >>Sama-sama… Ur welcome… ^_^

  3. Thanx bgt kang,,tpi nie khan tor buat jadi pembicara.. Kalo dengan TOR untuk pekerjaan atw proyek gmana kang???ada bedanya g?

  4. jazakallah akhi..emang lagi butuh buat acara IPTIJ (Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia di Jepang). tabligh akbar bedah KCB bareng kang Abi. sekali lagi..jazakallah artikelnya..^_^

  5. mas klo KAK apa ya?
    isinya tntg apa?

    trus hubungannya dngn TOR dan USULan teknis sendiri it u apa ya mas?
    mksh bnyk sblmnya…

  6. mas klo KAK apa ya?
    isinya tntg apa?

    trus hubungannya dngn TOR dan USULan teknis sendiri it u apa ya mas?
    mksh bnyk sblmnya…

  7. Terima Kasih atas infox
    Saran: harap penjelasanx yg lbh mndetail spy si pembaca dpt mngerti dg mudah sehingga dapat membuat TOR sendiri. trm ksh……

  8. makasih atas gambarannya mengenai TOR.. tapi yang aku buat gak kayak gini juga sih, ini bukan bentuk baku kan yang kamu jelasin di blog ini? btw, masukan banget ni buat ku kalo ada acara berikutnya..

    makasi yaa..

  9. Izin revisi ya :)

    TOR ntu g hanya utk pemateri/ pembicara dalam suatu event, namun bisa juga utk pengawasan suatu proyek, pra deal dlm bisnis, lembar penugasan/ delegasi wewenang dll. yg udah pada kerja mesti tau ntu, soalnya pas gw kuliah jg cm tau pas buat acara doang ahaha….

  10. Assalamualaikum,,
    info yang sangat berguna untuk mahasiswa/teman2 yang baru mengikutin kepanitiaan apalagi seksi acara atau sekretaris y.. harus tau tor loch…

    kunjungi blog ane juga akh…

  11. LUAR BIASA
    Denger dari kawan tentang TOR tadi sepulang kuliah (Itu juga pas ngobrol di lampu merah) menyinggung tentang TOR.
    Sesampainya dirumah, langsung aja cari ilmu lewat blog ini deh, trims atas infonya, Ladang Amal yang inshaAllah takkan putus.
    Salam.

  12. Yesterday, while I was at work, my sister stole
    my iPad and tested to see if it can survive a 40 foot
    drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views.
    I know this is totally off topic but I had to share it with
    someone!

  13. Very good blog! Do you have any recommendations for aspiring writers?
    I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.
    Would you propose starting with a free platform like WordPress or go for a paid option?
    There are so many options out there that I’m completely overwhelmed .. Any tips? Bless you!

  14. TOR dalam bahasa Inggris adalah Terms Of Refensi sedangkan dalam bahasa Indonesia TOR sama dengan KAK Kerang Acuan Kerja… masing-masing keperluan kerangka acuan kerjanya berbeda.. misal untuk seminar, untuk pengajuan bantuan, atau untuk kegiatan kerja lainnya.. ngono kang!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s