I’m Home

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Finally I’m Home…

“I’m home, my healhty!”… Hampir dua minggu kena gejala thypes… nggak enak banget! Melakukan apapun nggak bisa optimal. Salah satu yang parah adalah menelantarkan karafuruworld!!!

“I’m home, karafuruworld!”… Gara-gara sakit tadi… Makanya blog ini sempet terlantar. Tapi, Alhamdulillah sakitnya sudah hilang. So, this karafuruworld is BACK!

“I’m home, Ciamis!”… Pulang kampung! Mau lebaran, sih…

Sebenernya, masih ada satu kalimat “I’m home” lagi yang ingin diucapkan. Tapi… Karena belum ngerasa jadi seorang Karafuru San yang bener-bener baru, kata itu nggak bisa terucap.

Semoga kita bisa mengucapkan kata itu… “I’m home, my better new me!!!”

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Menjadi Diriku…

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

MENJADI DIRIKU… (EdCoustic)

Tak seperti bintang di langit

Tak seperti indah pelangi

Kar’na diriku bukanlah mereka

Ku apa adanya…

Wajahku kan memang begini

Sikapku jelas tak sempurna

Kuakui ku bukanlah mereka

Ku apa adanya…

Menjadi diriku dengan segala kekurangan

Menjadi diriku atas kelebihanku…

Terimalah aku seperti apa adanya

Aku hanya insan biasa, tak mungkin sempurna

Tetap ku bangga atas apa yang kupunya

Setiap waktu kunikmati, anugerah hidup yang kumiliki…

Lirik yang bersahaja, sederhana, tapi dalem banget! Ada makna yang luar biasa dibalik nada penuh semangat dari lagunya EdCoustic ini.

Walaupun secara sekilas mirip pernyataan seseorang buat lawan jenis, tapi kalo kita lihat dari sudut pandang yang lain, lirik “Menjadi Diriku” ini bisa juga loh, menyatakan penghambaan seseorang kepada Tuhannya…

Tapi, mau dari sudut pandang apapun kita menilainya, makna lagu ini keren abis. Dua bait pertama menggambarkan kekurangan diri yang dibandingkan dengan keindahan alam yang nggak ada duanya (bintang dan pelangi). Penyebutan kekurangan di awal itu menggambarkan keikhlasan menerima kekurangan yang ada di dalam diri.

Satu bait setelahnya (Menjadi diriku dengan segala kekurangan, Menjadi diriku atas kelebihanku) adalah sebuah keyakinan bahwa selain memiliki kekurangan, juga ada kelebihan yang betul-betul “gue banget!”. Kedua hal itu disebutkan beriringan dengan maksud kekurangan yang ada harus dicoba tuk dihilangkan, sementara kelebihan yang ada harus dicoba tuk dikembangkan. Dengan catatan, perubahan itu masih tetap dirasa enak buat yang pengen berubah…

Bait terakhir (yang juga adalah chorus-nya), menyatakan pengharapan. Di dunia ini nggak ada yang sempurna, tapi harapan untuk menuju mendekati kesempurnaan tetap ada. Selain itu, ada juga harapan agar siapapun bisa menerima kekurangan yang masih ada. Karena untuk berubah ke arah yang lebih baik itu butuh waktu. Lirik “Tetap ku bangga atas apa yang kupunya” menggambarkan bahwa selagi melakukan proses perubahan, ia tetap bangga atas apa yang ia miliki. Sampai waktu mempertemukannya dengan dirinya yang lebih baik!

So… Perkenalkan, tapat di pergantian hari menuju tanggal 11/09/08 ini Karafuru San dengan bangga memutuskan mengangkat Theme Song Karafuruworld (setelah lagunya Yama-P yang berjudul : Karafuru) : MENJADI DIRIKU!

NB: Buat Akang-Akang EdCoustic, izin, ya…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Hilang Ingatan Sesaat?

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Beberapa menit yang lalu (sebelum jadi ide postingan ini), Karafuru San beli roti, dan langsung disimpan di dekat lemari di kamar. Roti itu dibeli sebagai aksesoris ‘menu hari ini’ (hayooo…. Penasaran, nggak? Menunya apa coba…?) yang mau dibikin. Karena pancinya belum dicuci, terpaksa nyuci dulu. Eh, setelah balik lagi ke kamar, lupa! Dengan setengah teriak, “Tadi mau ngapain, ya?” Dengan kondisi lupa itu akhirnya diputuskan untuk ngerjain tugas kuliah. Lagi enak-enaknya ngerjain tugas, tangan kesenggol sesuatu: R-O-T-I!!! Seketika inget, langsung… Bikin ‘menu’!!!

(Alhamdulillah ‘menu’nya sudah jadi, makanya bisa langsung nulis ini…)

Apa yang barusan dialami Karafuru San adalah salah satu contoh hilang ingatan sesaat (bahasa kerennya : Anterograde Amnesia). Pada dasarnya, seseorang yang hilang ingatan sesaat memiliki kemungkinan ke-nggak-mampuan ingatan jangka pendeknya diubah jadi ingatan angka panjang. Kalau disebut urutan kejadiannya di otak bakal lama, mending lihat di sini.

Penyebab Hilang ingatan sesaat lumayan banyak, tapi Karafuru San membagi jadi 4 aja:

  • Penyakit bawaan.

Faktor gen berpengaruh di sini. Kalo ada kakek, nenek, ayah, atau ibu punya kebiasaan mudah hilang ingatan sesaat, ada kemungkinan itu bisa menurun ke kita.

  • Kepala sering terbentur.

Jangan salah, semakin sering terbentur, semakin terbuka peluang aktivitas listrik di sel otak yang nggak jalan akibat adanya saluran saraf yang mengalami gangguan.

  • Terlalu sering makan tahu.

Tenang, Professor Eef Hogervorst dari Loughborough University mengatakan dalam penelitiannya, hal itu baru berlaku untuk manula (di atas 60 tahunan)akibat senyawa phytoestrogen yang terkandung pada tahu. Nggak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi tahu dari sekarang… (Hiks… Salah satu makanan favorit Karafuru San…)

  • Marah, ngomel-ngomel, dll.

Hati-hati buat yang sering marah, ngomel-ngomel alias menggerutu, sebal, kesal, dll, karena apa yang mereka lakukan itu adalah salah satu penyebab yang bisa bikin hilang ingatan sesaat. Kok bisa? Nggak lain karena aktivitas-aktivitas itu merupakan aktivitas yang mampu menaikkan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan proses aliran darah kurang proporsional, termasuk aliran darah di otak. Itu membuat aktivitas listrik di sel otak pun nggak 100%. Nggak ada salahnya untuk menahan amarah dan ngomel-ngomel… Diganti dengan sebuah senyuman bakalan lebih enak dipandang, bukan?

Semoga kita yang saat ini masih diberi anugerah untuk mengingat, bisa memanfaatkan anugerah ini dalam berbagai kebaikan!

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Ikut Lomba Blog Remaja

Assalamu’alaykum Wr. Wb.


Ngerasa baru jadi remaja? Masih remaja? Atau hampir meninggalkan dunia remaja? Kalo minimal satu dari tiga pertanyaan itu jawabannya: iya, langsung aja ikutan Lomba Blog Remaja! Kalo pengen daftar masih ada 10 hari lagi, lho! Mumpung masih dalam suasana Ramadhan, kita isi dengan tulisan bertema remaja! Tertarik? Klik di sini, atau klik di gambar Lomba Blog Remaja yang ada di kolom ketiga paling bawah halaman ini (alias paling kanan bawah)…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Kenapa Masalah Datang?

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

“Aduh, Ibu bingung!!! Anak Ibu kecelakaan, padahal Ibu nggak ada duit buat bayar Rumah Sakit…”

“Hh… Dagangan kurang laku, Dik… Kenapa, ya!? Padahal Bulan Ramadhan…”

“Aduuuh! Kok liburnya baru 3 hari sebelum lebaran, sih!? Kan macet!!!!”

“Kenapa, sih? Dia malah nyontek laporanku? Jadinya praktikum dapet 0!!!”

“Temenku aneh!!!”

…….

Kenapa empat kalimat tadi terlihat uring-uringan? Jawabannya : Masalah datang, atau kita malah menganggapnya sebagai masalah.

Terus… Kenapa sih masalah bisa datang?

1. Masalah = perasaan. Ada nggaknya masalah tergantung dari perasaan kita. Saat kita menganggap suatu hal sebagai masalah, maka itu bakal jadi masalah. Kalo nggak? Ya nggak…

2. Masalah = cinta. Masalah yang Ia turunkan ke kita adalah bukti kalau Ia memperhatikan kita dengan kecintaan-Nya. Tantangannya… Apa kita masih mengingat-Nya saat masalah itu datang?

3. Masalah = kesempatan. Semakin banyak masalah semakin banyak pula kesempatan ‘naik tingkat’ kualitas diri kita dalam nge-handle masalah. Nggak ada masalah, nggak bisa nge-handle sesuatu, kan?

4. Masalah = hati. Kunci menyelesaikan masalah ada di hati. Cepat nggaknya kita menganggap suatu masalah selesai bergantung pada kualitas hati kita…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Terbaik Untukmu (Ramadhan Version)

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Sebenernya tulisan ini pengen di posting kemaren (sesuai janji ke beberapa orang…). Tapi karena ada beberaha hal, makanya baru bisa sekarang…

Tau lagu “Terbaik Untukmu” yang pernah dibawain Ada Band dan Gita Gutawa?

Coba nyanyiin versi ini, yuk!

TERBAIK UNTUKMU

Teringat setahun lalu, bulan Ramadhan itu

Sungguh tlah kulewatkan, kukecewakan

Tak ingin kulakukan lagi untuk yang kedua kalinya

Kan kucoba hiasi bulan Ramadhanku kali ini…

Kau ingin ku menjadi yeng terbaik bagi-Mu

Patuhi perintah-Mu, jauhkan godaan,

yang mungkin kulakukan dalam waktuku beranjak dewasa

Jangan sampai membuatku terbelenggu jatuh dan terinjak

Reff :

Allah tolonglah, sampaikan sejuta salamku untuknya…

Ku trus berjanji kan sambut Ramadhanku ini

Allah dengarlah, betapa sesungguhnya ku mencintai-Mu

Kan kubuktikan dengan menghiasi Ramadhan

Andaikan nanti malam lahirkanku kembali…

Ku inginkan suasana basuh jiwaku

Membahagiakan aku tuk rasakan Ramadhan terbaikku

Tuk banggakan diri-Mu

dengan segenap cinta dariku…

(back to reff, fade out)

SELAMAT DATANG RAMADHAN!!!!

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.