Dendeng Saus Keju ala Karafuru San (makanan anak kosan)

Bismillah.

Mie instan. Itu biasanya makanan anak kosan termasuk Karafuru San, yang juga makan itu saat kondisi2 tertentu (alah, udah bilang aja kondisi ga punya duit! :P)

Padahal, kalo keseringan makan mie instan, kurang baik buat kesehatan. Banyak banget akibat-akibat yang bakal dirasain kalo makan mie instan keseringan di google (silakan cari ndiri.. hehe).

Nah, makanya, nih, kemaren saya baru eksperimen bikin menu anak kosan dengan harga SUPER terjangkau, tapi cukup berkelas! Dendeng Saus Keju ala Karafuru San! Apa aja menunya? Gimana cara masaknya? Check this out!!

http://www.smileycodes.info

Alat:

  • Wajan

Bahan:

  • Dendeng sapi (ada paket yang porsinya bisa untuk 2 orang harganya cuma 3ribu)
  • Keju
  • Nasi (biar kenyang, bos!)
  • Minyak goreng/mentega

Cara Penyajian:

Dendeng

  • Tuang minyak goreng/mentega ke wajan, panaskan api, tapi jangan terlalu besar (seriusan! bisa gosong dendengnya! ^_^)
  • Setelah mulai bergemericik uap, masukin dendengnya.
  • Dibolak balik biar makin asik, sampe merata, kira-kira 2-3 menit. Kalo suka yang tutung alias yang gosong, boleh sampe 5 menit.
  • Angkat, tiriskan.

Saus Keju

Ada 2 cara yang bisa dilakukan:

  • (dengan pemanasan uap) Di sini kudu ada bantuan rice cooker atau panci. Di atas air, taruh keju-nya (harus pake wadah, lho), tunggu hingga meleleh, kira-kira 2-5 menit, tergantung kejunya. Angkat, tuangkan ke sekujur tubuh dendeng…
  • (dengan pemanasan wajan) mentega (minyak goreng ga disaranin, tapi silakan aja kalo mau.. hehe) yang masih tersisa (kalo udah abis, tuang lagi), dibiarkan di wajan, tapi apinya matiin. Tuang kejunya ke wajan, biarkan meleleh kira2 2-5 menit. Segera angkat, tuang ke permukaan dendeng.
  • (terakhir) nikmati bersama nasi. Selamat menikmati makanan seharga sekitar 7ribuan itu…  ^_^

Begini, nih, hasil ala Karafuru San: (Hahaha, dendengnya item gara2 blitz!!! >_<). Gara2 wajannya dipake orang, trus wadah buat di rice cooker belum dicuci, jadi kejunya lum mencair.. haha.. yang penting ENAK!

=============================================

TIPS:

  • Dalam memilih dendeng, tanya ke penjual tentang kualitasnya, jangan sampe dagingnya bukan daging sapi, melainkan yang laen. Hiiiii..
  • Sebaiknya pilih keju yang Quickmelt, sehingga bisa cepet mendidih. Pegel juga kalo kelamaan. Haha. Tapi keju yang biasa (selapis itu), juga gapapa.. cuma seribulimaratus ko harganya.
  • Hidangkan dengan pelengkap lain, sesuai selera..

7 responses to “Dendeng Saus Keju ala Karafuru San (makanan anak kosan)

  1. wuii, chef ajaib, alatnya wajan doang!
    Setelah mulai bergemericik uap, masukin dendengnya. —> katelna panginten teu acan di lap, janten masih keneh aya cai, janten we gemericik

    pake blucheese aja langsung tuang..

  2. padahal mah kang bikin saus kejunya langsung aja pas mau ngangkat dendengnya. Jadi pas dendengnya dah dipastikan mateng, matiin apinya trus langsung taro kejunya ke wajan (dendengnya masih di wajan juga). Trus angkat deh… Kayaknya lebih cepet dan biar kejunya melekat di dendeng lebih mantap tuh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s