Tertinggalkan kereta. Malang.

Bismillah.

Malang, bisa nama sebuah tempat di Jawa Timur, bisa juga arti lain dari ketika ga dapet keberuntungan. Dan Karafuru San mengalami keduanya sekaligus di waktu yang hampir bersamaan, seminggu yang lalu. (ini baru ditulis skarang gara2 internet yang putus-nyambung)

Kira2 tanggal 20-an April 2011, Karafuru San dapet undangan dari Amalia Sholihati, atas nama PMLDK bagian Indonesia Barat (iya kah? CMIIW). Karafuru San didaulat buat ngisi materi tentang Fund Raising terkait ke-LDK-an tanggal 1 Mei 2011 di Univ. Brawijaya, Malang. Hm, padahal yang seharusnya ngisi kan angkatan 2008 (secara, Karafuru San udah tua, angkatan 2007. Haha) Cuma pada saat itu Amal (begitu panggilannya) bilang kalo 2008 lagi ada agenda. Jadi gabisa.

Walah! Padahal tanggal 2-nya harus ngisi presentasi KESLING (nama mata kuliah di ITB, lengkapnya Kesehatan Lingkungan), yang katanya nilai presentasinya lumayan tinggi. Masalahnya, itu kelompok, bukan perorangan. Jadi ga enak kalo ga hadir. Di tengah bimbang itu (karena ongkos mahal, sementara total biaya pengganti gabisa nutup perjalanan pergi doank), akhirnya Karafuru San mengiyakan. Dengan syarat boleh ngajak partner. Maka dipilihlah si mantanartist, Gunawan Adi Waskito. Dan ada juga syarat tambahan: balik ke bandung harus hari senin tanggal 2 Mei 2011 sebelum jam 7 (soalnya jadwal presentasinya jam 7 pagi.. T_T)

Dan jadilah, Amal nyari tiket kereta, hari Jumat. Ternyata rada mahallll… Akhir pekan sih.. Berangkat pake ekonomi-Malabar (130ribu seorang) dan pulangnya pake executive-Turangga (255ribu seorang). Karafuru San ngecek jam sampe kereta Turangga: “Oke, sampe di Bandung jam 6 pagi hari Senin. Keburu, lah, dateng kampus walau tanpa mandi”. Si Turangga itu tapi ga berhenti di Malang. So, Karafuru terpaksa harus ngambil kereta ke Surabaya dulu, naik dari sana. Keretanya bakal berangkat jam 6 sore, mau ga mau Karafuru San harus sampe di stasiun Gubeng-Surabaya, sebelum jam 6 sore. Amal ngasih tau kalo dari Malang bakal ada kereta api yang ke Surabaya jam 12.30, jam 2, sama jam 3. Disaranin berangkat yang jam 2, soalnya perjalanan Malang-Surabaya kalo naik kereta sekitar 2,5 jam.

(kisah tentang ribetnya Amal milih jenis kereta buat pulang dihilangin biar menghemar space.. ^_^v)

Hari keberangkatan pun tiba. Sabtu, 30 April 2011. 15.30 WIB. Sesuai prediksi, kereta berangkat tepat waktu. Beberapa saat kereta berangkat, Karafuru San sama Gunawan diminta tuker tempat duduk oleh ibu2 gara2 dia dan anaknya bisa mual kalo ngadep ke belakang. Perlu dicatet, saat itu kami ada di gerbong ekonomi dengan formasi tenpat duduk 3-2. Saya sama Gunawan duduk di kursi buat 3 orang. Hohoho, sempitnyaaaa.. Di tambah ngeliat pemandangan yang maju ke belakang, bisa bikin muntah buat yang belum terbiasa.. Untungnya Karafuru San nggak. haha.

Sekitar sejam kemudian, ada kondektur yang ngecek tiket, dan semua aman, soalnya sesuai (menurut si kondektur), kecuali saya dan Gunawan yang udah bertuker tempat duduk sama ibu dan seorang anaknya itu. Di petugas pengeceknya sih oke-oke aja. kira-kira 9 jam kemudian, sampelah di Stasion Tugu, Yogyakarta. sebagian penumpang ada yang turun, dan ga sedikit juga yang naik.. NAH! Ada penumpang yang naik, rupanya tiketnya menunjukkan kalo dia harusnya duduk di tempat duduk yang saya dan Gunawan dudukin!!! NAH, LHO!

Ko bisa? Rupanya yang salah si ibu dan anaknya! Harusnya dia duduk bukan di gerbong 2, melainkan gerbong 1! Penumpang itu mempermasalahkan. Untungnya si ibu itu masih bisa berkilah, dengan nyuruh mereka ke gerbong 1. Kasian juga, malem2 dini hari, mau naik kereta, malah diusir. Untunglah penumpangnya baik, mereka pun mau pindah, walau terpaksa. Dalam hati, Karafuru San ngedumel: “Walah, ko petugasnya tadi ga teliti!?”

Kereta pun akhirnya berhenti di Malang jam 9 pagi. Ada satu kejadian sebenernya yang lupa diceritain. Harusnya Karafuru San ngisi jam 8.30. Cuma, gara2 keretanya dateng jam segitu (jam 9), mau ga mau panitia nge-switch. Jadi, dapetlah Karafuru San ngisi di sesi 2, jam 10.30. Pagi itu, setelah sampe, Karafuru San dan Gunawan, sarapan nasi rawon setelah malem berlapar-lapar ria (sempet ngisi perut pake POPMIE.. T_T).

Setelah sarapan, masih ada waktu, masih jam 9.30. “Mandi, yuk, Gun!” Ajak Karafuru San. Dan Gunawan pun mengiyakan. Biar enak, mandinya di mesjid aja.. Gunawan pun bertanya ke polisi perihal Mesjid terdekat. Si polisi itu bilang, “Oh, di mesjid Agung aja. Tinggal lurus, terus belok kiri.” “Deket, Pak?” “Deket ko…”

Dan kami pun melangkahkan kaki. Sambil menyusuri jalan, sambil foto2.. sayang nya fotonya masih di Gunawan, jadi lum sempet di-publish di sini.. Setelah jalan lurus tadi, ketemu sama simpang lingkar depan Gedung Pemerintahan. “”Wah, pasti di belakang Gedung ini” pikir Karafuru San. Begitu belok kiri, “LHO! Manaaaaa????”

Dari pada nyasar, Karafuru San nanya ke mbak2 yang ada di sana. Jawabannya: “Oh, terus aja, lurus terus”. Akhirnya Karafuru San pun jalan lurus. Ternyata melewati mes-nya PERSEMA (buat yang belum tau, itu nama klub di LPI yang ada Irfan Bachdim-nya)! Sayang lagi adem ayem, mungkin lagi di rumah masing-masing kali, para pemain persema-nya..

Hm… Perjalanan dilanjutkan… Tapi… Ko ga sampe!?

Akhirnya sampe:

1 kilo kemudian!!!! Dan itu dilalui dengan jalan kaki… “Segini deket, ya, pak polisi? haha… olahraga, OLAHRAGAAAA…”

Ngosh, ngosh… nafas Karafuru San ga bisa diatur…

Setelah ketemu Mesjid 2 tingkat, Karafuru San ngeliat kalo Mesjid itu dipager, dan dikunci. Nanya lah ke orang2 berpeci dan bersarung yang duduk-duduk di depan, “Mas, bisa numpang ke toilet?”

“Wah, gabisa, lagi dibersihin..”

GUBRAKKKK!!!! Baru tau kalo gabisa masuk mesjid gara lagi dibersihin. Padahal di menara mesjid, banyak anak2 lari-larian… heu..

Eh, bentar.. Jam berapa ini!?

Jam sudah menunjukkan pukul 10!!!!

Lum mandi. harus ngisi. belum dijemput. Ga tau Malang. Piye?

(bersambung ke Tertinggalkan Kereta. Malang. Bagian 2)

9 responses to “Tertinggalkan kereta. Malang.

  1. Assalamu’alaikum, kawan
    lama tidak bertandang ke laman ini
    banyak cerita yang tertinggal
    ceritamu membuatku rindu untuk kembali bercerita pada teman-teman blogger yang lain.
    salam persaudaraan kawanku..^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s