Passion Test (Buat yang bingung akan masa depan)

Bismillah.

http://www.smileycodes.info

Masih bingung tentang pilihan hidup? Masih bingung mau jadi pebisnis atau jadi karyawan? Masih bingung mau jadi apapun di antara pilihan-pilihan yang ada? Jangan khawatir, ada Passion Test.

Passion Test ini baruuuu aja Karafuru San dapet di Pelatihan Kewirausahaan Salman. Tujuan dibuatnya adalah untuk mengetahui di mana hasrat kita ke depannya. Intinya sih sama kek minat dan bakat.

Caranya? Cukup jawab pertanyaan-pertanyaan berikut (bagian di bawah adalah contoh jawaban Karafuru San):

TAHAP 1

1. Pekerjaan apa yang kamu berani dan suka lakukan walau ga dibayar? Sebutin 10 buah!

Mendesain; Menyanyi; Mengedit video; Membuat Lagu; Menulis Blog; Memanaj orang; Bikin marketing tools; Ngasih materi (training); Beres-beres kamar; Masak

2. Hobi apa yang paling seneng banget dilakuin? Sebutin 10 buah!

Online; Main-main sama Corel; Denger musik; Main musik; Jadi pendengar yang baik; Nolong orang; Nyenengin orang; Bisnis; Mengambil gambar; Refleksi diri.

3. Kalo dibayar, pengen jadi apa? Sebutin 10 buah!

Owner perusahaan konveksi; Owner bisnis kuliner; Bikin sensor dengan rangkaian elektronik; Ngedesain; Nyanyi; Bikin lagu; Mengedit video; Manager HRD; Distributor ikan; Distributor Tanaman hias.

========

TAHAP 2

1. Dari nomor 1 di TAHAP 1, pilih 3 yang “gue banget!”

Mendesain; Memanaj orang; Ngasih materi (training).

2. Dari nomor 2 di TAHAP 1, pilih 3 yang “gue banget!”

Main-main sama Corel; Nyenengin orang; Bisnis.

3. Dari nomor 3 di TAHAP 1, pilih 3 yang “gue banget!”

Owner perusahaan konveksi; Owner bisnis kuliner; Ngedesain.

========

TAHAP 3

1. Dari nomor 1 di TAHAP 2, pilih 1 yang “gue banget!”

Memanaj orang

2. Dari nomor 2 di TAHAP 2, pilih 1 yang “gue banget!”

Nyenengin orang.

3. Dari nomor 3 di TAHAP 2, pilih 1 yang “gue banget!”

Ngedesain.

4. Sebutin satu concern yang pengen banget-banget-banget kamu dalemin!

Konveksi

=========

TAHAP 4

Rangkai keempat jawaban dari pertanyaan di TAHAP 3 jadi sebuah kalimat yang ngegambarin kamu banget!

Saya adalah seorang owner perusahaan konveksi yang mampu memanaj karyawan dengan baik, dan memperhatikan kesenangan konsumen dengan kualitas desain yang sangat baik.

========

Kalo TAHAP 4 ini udah terjawab dalam satu bidang yang sama, maka itulah yang bisa kamu perdalam biar bisa jadi orang yang sukses. Tapi kalo ada dua atau lebih bidang dalam kalimat itu, (misal: “saya adalah seorang pengusaha kuliner yang bisa mengisi training di berbagai tempat dengan diselingi nyanyian”) maka harus diperuncing lagi. Dipilih lagi mana yang bener-bener pengen diperdalam, apakah kulinernya? apakah jadi trainernya? ataukah jadi penyanyi?… Kalo udah dipilih, baru kita bisa fokus…

Karena, dari Passion Test ini, Semakin fokus kita pada suatu bidang, semakin dekat kita dengan kesuksesan itu… TRY! ^_^

Bimbang Memilih?

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Baru-baru ini ada pemilihan walikota Bandung yang sepertinya udah dimenangkan oleh satu dari tiga pasangan yang mencalonkan. Terlepas dari ada nggaknya beberapa keganjilan-keganjilan yang menghiasi pemilihan tersebut, ada satu fenomena yang memang biasa terjadi dalam setiap pemilihan… bimbang memilih.

Contoh tadi cuma satu dari sekian banyak fenomena yang bisa bikin seorang manusia bingung memilih. Misalnya bingung saat memilih jurusan (entah di SMA atau pas kuliahan), bingung memilih acara saat ada dua acara (atau lebih) yang terjadi saat bersamaan, bingung untuk menerima atau menolak suatu ajakan, sampai bingung dalam memilih pasangan hidup.

Semua kebingungan itu berujung pada satu hal : keputusan. Saat kita menghadapi masalah, waktu terus berlalu. Nggak adanya pengambilan keputusan justru nggak bakal menyelesaikan apapun. Tapi terburu-buru juga malah bisa menambah masalah.

Jadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat kita bingung memilih…

1. Meminta referensi dari orang-orang terdekat

Masukan mereka adalah salah satu yang paling berharga. Menerima atau nggak menerima, akan semakin mendekatkan hubungan antara kita dan mereka. Saat kita menerima, mereka akan sadar kalau pendapat mereka dihargai. Saat kita nggak menerima dengan alasan yang jelas dan logis, mereka akan menghargai.

2. Mencari sendiri referensi

Lebih baik dibandingkan dengan meminta referensi, karena kita sendiri yang bakal tau lebih pasti tentang sumber kebimbangannya. Masalahnya, waktu yang dibutuhkan lebih banyak karena dalam beberapa kasus dibutuhkan referensi yang cukup banyak agar lebih detail. Tapi kombinasi keduanya (meminta referensi dan mencari sendiri) adalah jawaban terbaik.

3. Ikuti kata hati

Saat suatu hal terlihat biasa-biasa saja di mata orang lain, tapi hati kita bilang, “Ini kayaknya bakal ada sesuatu yang wah”, saat itulah kita dituntut untuk yakin terhadap apa yang kita yakini. Kita juga dituntut untuk menghapus sedikitpun rasa keraguan. Percaya atau nggak, lebih dari 90 % suatu hal bakal terjadi saat kita sebelumnya yakin kalau itu bakal terjadi! Di sinilah law of attraction berpengaruh…

4. Menyerahkan sepenuhnya pada Sang Penentu

Keyakinan kalau Allah akan memberikan yang terbaik adalah kunci dari sebuah pintu keajaiban untuk melepaskan kebimbangan. Sungguh di balik kesulitan akan ada kemudahan. Saat kita merasa terpaksa untuk memilih suatu jalan, sebuah kesabaran, ketekunan, dan keyakinan akan membawa kita pada kebahagiaan yang sebelumnya kita cari. Ssst… Kadang Ia menyiapkan suatu kejutan dibalik pilihan-pilihan yang ada…

Kuantitas dan kualitas pilihan yang ada adalah ujian bagi kita untuk meningkatkan derajat di hadapan-Nya. Semoga kita bisa memilih dan mengambil keputusan yang terbaik, yang bisa membuat siapapun yang mengenal akan tersenyum bangga pada kita… Amin.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.