Passion Test (Buat yang bingung akan masa depan)

Bismillah.

http://www.smileycodes.info

Masih bingung tentang pilihan hidup? Masih bingung mau jadi pebisnis atau jadi karyawan? Masih bingung mau jadi apapun di antara pilihan-pilihan yang ada? Jangan khawatir, ada Passion Test.

Passion Test ini baruuuu aja Karafuru San dapet di Pelatihan Kewirausahaan Salman. Tujuan dibuatnya adalah untuk mengetahui di mana hasrat kita ke depannya. Intinya sih sama kek minat dan bakat.

Caranya? Cukup jawab pertanyaan-pertanyaan berikut (bagian di bawah adalah contoh jawaban Karafuru San):

TAHAP 1

1. Pekerjaan apa yang kamu berani dan suka lakukan walau ga dibayar? Sebutin 10 buah!

Mendesain; Menyanyi; Mengedit video; Membuat Lagu; Menulis Blog; Memanaj orang; Bikin marketing tools; Ngasih materi (training); Beres-beres kamar; Masak

2. Hobi apa yang paling seneng banget dilakuin? Sebutin 10 buah!

Online; Main-main sama Corel; Denger musik; Main musik; Jadi pendengar yang baik; Nolong orang; Nyenengin orang; Bisnis; Mengambil gambar; Refleksi diri.

3. Kalo dibayar, pengen jadi apa? Sebutin 10 buah!

Owner perusahaan konveksi; Owner bisnis kuliner; Bikin sensor dengan rangkaian elektronik; Ngedesain; Nyanyi; Bikin lagu; Mengedit video; Manager HRD; Distributor ikan; Distributor Tanaman hias.

========

TAHAP 2

1. Dari nomor 1 di TAHAP 1, pilih 3 yang “gue banget!”

Mendesain; Memanaj orang; Ngasih materi (training).

2. Dari nomor 2 di TAHAP 1, pilih 3 yang “gue banget!”

Main-main sama Corel; Nyenengin orang; Bisnis.

3. Dari nomor 3 di TAHAP 1, pilih 3 yang “gue banget!”

Owner perusahaan konveksi; Owner bisnis kuliner; Ngedesain.

========

TAHAP 3

1. Dari nomor 1 di TAHAP 2, pilih 1 yang “gue banget!”

Memanaj orang

2. Dari nomor 2 di TAHAP 2, pilih 1 yang “gue banget!”

Nyenengin orang.

3. Dari nomor 3 di TAHAP 2, pilih 1 yang “gue banget!”

Ngedesain.

4. Sebutin satu concern yang pengen banget-banget-banget kamu dalemin!

Konveksi

=========

TAHAP 4

Rangkai keempat jawaban dari pertanyaan di TAHAP 3 jadi sebuah kalimat yang ngegambarin kamu banget!

Saya adalah seorang owner perusahaan konveksi yang mampu memanaj karyawan dengan baik, dan memperhatikan kesenangan konsumen dengan kualitas desain yang sangat baik.

========

Kalo TAHAP 4 ini udah terjawab dalam satu bidang yang sama, maka itulah yang bisa kamu perdalam biar bisa jadi orang yang sukses. Tapi kalo ada dua atau lebih bidang dalam kalimat itu, (misal: “saya adalah seorang pengusaha kuliner yang bisa mengisi training di berbagai tempat dengan diselingi nyanyian”) maka harus diperuncing lagi. Dipilih lagi mana yang bener-bener pengen diperdalam, apakah kulinernya? apakah jadi trainernya? ataukah jadi penyanyi?… Kalo udah dipilih, baru kita bisa fokus…

Karena, dari Passion Test ini, Semakin fokus kita pada suatu bidang, semakin dekat kita dengan kesuksesan itu… TRY! ^_^

We Need Sports

Dear Karafuru Friend, do you like sport? Hm… That’s great!!!
Why? Cause there are so many advantages if you do it at least once in a week…
1. Reduce the fat, Anti aging effect
Doing some sports can reduce your fat, guys…If you add it by food which is high quality, the disease will go away!
(I told you, being sick is not good…. I’ve just sick, and right now I’m getting better by doing some sports).
Oh, without reducing the quantity of food that we eat rapidly, doing some sports is a great diet.. ūüôā
This combination has also an anti aging effect..
2. Reduce the percentation of heart attack
By doing some sports, it can increase HDL (good collesterol) and reduce ¬†LDL (bad collesterol). Just so you know, bad collesterol can increase fatwhich can resist blood sirculation. Less collesterol can make our heart works effisien…
3. Bye Bye Diabetes
Continuous sports can prevent us from this disease.. By doaing some sports at least for half an our each week, our sensitivity of insulin will increase…When it happens, bye bye diabetes!
4. Preventing Osteoporosys
Osteoporosys can happen if we seldom to do some exercise with our bones and hinges…¬†So, if we for example, jogging, swimming, etc, if we combine it with calciumand vitamine D, when we get old, We’ll be able to be a grandpa or grandma who still strong to walk with outgrandchildren.. ūüôā
5. Reducing stress, Building a good self Physicology, sleep well
By doing some sports, our mood can be better by a chemical parts which is named endorphins!
Well.. You know, our body will grow up better so we can be a more-good loking person,,, Insya Allah, we’ll thank God by it.. By saying grateful to the God, automatically our phsycology we’ll be better aren’t we?
6. Reduce the early impotence
By doing some sports, we’ll have more stamina, so we’ll have a better night with our beloved one, one day… ūüôā
7. And many more..
So, keep healthy!
By: Ex Litle Doctor on Junior High School 1 Bojong, Ciamis,
Ex Calisthenics 2000’s Instructure periode 1999-2001,
Karafuru San

Dan hujan pun datang

basmallah2

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Bandung, November 08. Terlalu terlambat untuk kedatangan musim hujan. Padahal kalau kita ingat-ingat di buku pelajaran Geografi masa SMP dulu, musim hujan di Indonesia harusnya turun sekitar bulan Oktober. Akibat pemanasan global kali, ya…

Trus??? Emangnya kenapa? Gini, Pasti kalo musim hujan datang, ada yang sakit, ada yang malah bisa ‘berenang’ di dalam rumahnya, atau¬†ada juga yang tenang-tenang aja..

Eits, tunggu dulu… Jangan dulu tenang sebelum melakukan ini… Setidaknya bisa mencegah kita dari ‘penyakit peralihan musim’…

Istirahat yang cukup, banyak minum, makan teratur, minum multivitamin (kalo perlu) adalah hal-hal normal yang musti dipenuhi. Tapi ada hal lain yang biasanya luput dilakukan selain hal-hal tadi….

a. Bersih-bersih kamar

Kok gitu? Ssst… Kebersihan kamar menggambarkan kebersihan diri kita. Kamar yang jarang dibersihkan bisa mengundang penyakit. Apalagi kalo nge-kos. Musti sering-sering dibersihkan tuh, biar biang kerok kuman macam lalat, nyamuk (juga, lho!), atau kucing (pengalaman!) nggak berani masuk kamar! ^_^

Tips lengkapnya, klik di sini.

b. Olahraga

Taukah kita kalau¬†dalam¬†satu hari¬†minimal harus berjalan sebanyak 5 km¬†untuk¬†bisa menjaga¬†tubuh tetap¬†fit? Ah, kata siapa? Ssst… Penelitiannya¬†dokter siapaaa¬†gitu,¬†lupa. Yang jelas, olahraga kudu¬†rutin. Kalo nggak¬†punya¬†waktu khusus,¬†minimal sering jalan kaki. (tapi bukan jalan-jalan yang ‘itu’, lho! ^_^!) Intinya, kalau pengen tau salah satu cara untuk membuat aliran darah lancar, jawabannya : Olahraga .

c. Berdoa

Kok musti? Badan kita ada yang¬†punya. Saat kita berusaha menjaga¬†kesehatan dengan cara apapun tapi takdirnya sakit, ya tetep sakit. Berdoa ini efeknya gede, lho! Selain lebih bisa mendekatkan diri pada-Nya, kita bisa juga sambil minta doa-doa lainnya…

Wassalam’alaykum Wr. Wb.

pic41

Bimbang Memilih?

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Baru-baru ini ada pemilihan walikota Bandung yang sepertinya udah dimenangkan oleh satu dari tiga pasangan yang mencalonkan. Terlepas dari ada nggaknya beberapa keganjilan-keganjilan yang menghiasi pemilihan tersebut, ada satu fenomena yang memang biasa terjadi dalam setiap pemilihan… bimbang memilih.

Contoh tadi cuma satu dari sekian banyak fenomena yang bisa bikin seorang manusia bingung memilih. Misalnya bingung saat memilih jurusan (entah di SMA atau pas kuliahan), bingung memilih acara saat ada dua acara (atau lebih) yang terjadi saat bersamaan, bingung untuk menerima atau menolak suatu ajakan, sampai bingung dalam memilih pasangan hidup.

Semua kebingungan itu berujung pada satu hal : keputusan. Saat kita menghadapi masalah, waktu terus berlalu. Nggak adanya pengambilan keputusan justru nggak bakal menyelesaikan apapun. Tapi terburu-buru juga malah bisa menambah masalah.

Jadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat kita bingung memilih…

1. Meminta referensi dari orang-orang terdekat

Masukan mereka adalah salah satu yang paling berharga. Menerima atau nggak menerima, akan semakin mendekatkan hubungan antara kita dan mereka. Saat kita menerima, mereka akan sadar kalau pendapat mereka dihargai. Saat kita nggak menerima dengan alasan yang jelas dan logis, mereka akan menghargai.

2. Mencari sendiri referensi

Lebih baik dibandingkan dengan meminta referensi, karena kita sendiri yang bakal tau lebih pasti tentang sumber kebimbangannya. Masalahnya, waktu yang dibutuhkan lebih banyak karena dalam beberapa kasus dibutuhkan referensi yang cukup banyak agar lebih detail. Tapi kombinasi keduanya (meminta referensi dan mencari sendiri) adalah jawaban terbaik.

3. Ikuti kata hati

Saat suatu hal terlihat biasa-biasa saja di mata orang lain, tapi hati kita bilang, “Ini kayaknya bakal ada sesuatu yang wah”, saat itulah kita dituntut untuk yakin terhadap apa yang kita yakini. Kita juga dituntut untuk menghapus sedikitpun rasa keraguan. Percaya atau nggak, lebih dari 90 % suatu hal bakal terjadi saat kita sebelumnya yakin kalau itu bakal terjadi! Di sinilah law of attraction berpengaruh…

4. Menyerahkan sepenuhnya pada Sang Penentu

Keyakinan kalau Allah akan memberikan yang terbaik adalah kunci dari sebuah pintu keajaiban untuk melepaskan kebimbangan. Sungguh di balik kesulitan akan ada kemudahan. Saat kita merasa terpaksa untuk memilih suatu jalan, sebuah kesabaran, ketekunan, dan keyakinan akan membawa kita pada kebahagiaan yang sebelumnya kita cari. Ssst… Kadang Ia menyiapkan suatu kejutan dibalik pilihan-pilihan yang ada…

Kuantitas dan kualitas pilihan yang ada adalah ujian bagi kita untuk meningkatkan derajat di hadapan-Nya. Semoga kita bisa memilih dan mengambil keputusan yang terbaik, yang bisa membuat siapapun yang mengenal akan tersenyum bangga pada kita… Amin.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Saat Letih Menjemput

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Nggak setiap saat kehidupan kita nyaman, menyenangkan, atau membuat kita tersenyum. Sama kayak Karafuru San yang saat ini juga merasakannya… Adakalanya kita merasa capek, bosan, atau lelah dengan semua yang dihadapi. Jika itu terjadi, artinya kita berada pada sebuah keletihan.

Ada bermacam cara untuk mengatasi keletihan yang menjemput kita :

  • Istirahat

Istirahat adalah cara yang sangat ampuh buat mengatasi keletihan. Jenis istirahat banyak, tapi yang paling top adalah t-i-d-u-r alias tidur. Saat kita tidur, aliran darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh termasuk ke wilayah atas (misalnya kepala). Selain itu, dengan tidur, kita juga mengistirahatkan hampir semua bagian tubuh kita (hayooo… bagian tubuh mana saja yang nggak istirahat saat kita tidur?).

Hayo, kenapa Nobita nggak pernah ngerasa letih? –> Yup! Karena hobinya tidur… (tapi tidurnya jangan dijadikan hobi kayak Nobita, ya! :mrgreen:

 

  • Melakukan hobi yang benar-benar disenangi (tapi tetap bikin rileks)

Hobi setiap orang bermacam-macam. Mulai dari melihat pepohonan yang hijau, sampai yang ekstrim kayak terjun bebas. Tapi apapun itu, jika hobi kita memang menyenangkan dan bisa mereduksi keletihan (bukan MENAMBAH, lho!), melakukan hobi adalah salah satu hal yang bisa dicoba…

 

  • Beribadah

Kata siapa mendekatkan diri pada Ilahi nggak mengurangi keletihan? Kita bisa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan keibadahan. Coba, deh! Sambil mencoba meraih ridho-Nya dengan menghilangkan keletihan, asyik, bukan?

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Trik Terbaik Untuk Bisa Berubah

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Untuk bisa berubah dari suatu sosok ke sosok lain (yang lebih baik) bukan suatu hal yang gampang. Kadang saat kita merasa berhasil, justru setelah itu kita malah kembali ke sosok sebelumnya. Beberapa kenalan juga merasakan kesulitan saat pengen berubah dari kebiasaan (contohnya) menulis kalimat-kalimat bersayap alias yang maknanya banyak, merokok, berperilaku seperti anak kecil (kurang dewasa),¬†dsb. Tapi… Asal tau triknya, semua itu bisa dilakukan, kok…

Ada¬†tujuh¬†trik (tantangan)¬†yang musti dilewati saat kita ingin berubah…

1. Pola pikir

Pola pikir ini bakal terbentuk saat kita yakin suatu hal yang biasa kita lakukan adalah benar atau salah. Kadang dibutuhkan pemahaman dari sudut pandang yang berbeda. Saat hati kita setuju dengan pendapat orang di sekitar kita, itulah pola pikir kita. Tipsnya : tanyakan pada hati nurani, keluarga, dan teman kita, apakah hal itu baik atau nggak. Hati-hati! Apa yang biasa kita lihat, dengar, dan rasakan SANGAT memengaruhi pola pikir kita!

2. Memori

Saat kita yakin suatu hal benar atau salah, tanamkan itu dalam memori kita. Tipsnya : visualisasikan apa perubahan yang ingin kita tuju dengan cara (misalnya) menempel sebuah gambar yang menggambarkan kondisi perubahan yang ingin kita tuju di tempat yang sering kita tempati (contoh : di kamar)

3. Gagasan/niat

Sehebat apapun keinginan kita untuk berubah, kalau cuma terlintas di kepala doank, percuma!¬†Harus ada niat! Masih ingat kata Bang Napi? Kejahatan aja nggak bakal terjadi kalo nggak ada niat. Apalagi arah menuju perubahan… Tipsnya : Asupan ke memori musti kuat dulu…

4. Tekad

Beda niat dengan tekad ada pada seberapa mau kita berusaha untuk menuju ke arah perubahan. Jika terlintas di benak kita suatu perubahan dan ingin menuju ke arah situ, itulah niat. Tapi kalau ditambah adanya pemikiran ‘bagaimana caranya ke arah situ?’, itulah tekad. Tipsnya, minta bantuan orang-orang yang ada di sekitar kita yang bisa membantu ke arah perubahan itu untuk terus mengingatkan. Karena tanpa mereka, sebuah tekad bisa luntur, lho!!!

5. Tindakan

No Action Plan Only (nggak ada tindakan, cuma niat doank) adalah hal yang nggak masuk akal. Bagaimanapun juga Sang Maha Pencipta nggak akan mengubah seseorang jika orang itu nggak mau mengubah dirinya sendiri dan nggak ada tindakan. Tipsnya, jangan menunggu untuk berubah. Semakin lama nunggu, semakin besar waktu yang kita buang hanya untuk menunggu hal yang nggak pasti. Do it right now!

6. Tingkah laku

Tindakan yang cuma dilakukan sekali masih belum bisa mengubah kita. Tindakan itu harus dilakukan berulang kali agar menjadi sebuah tingkah laku. Tipsnya, lakukan hal yang menuju ke arah perubahan yang kita inginkan selama minimal tiga minggu berturut-turut. Insya Allah bisa menjadi tingkah laku.

7. Karakter

Tingkah laku inilah yang nantinya akan menjadi karakter kita. Saat orang-orang yang ada di sekitar kita bilang, “Lho! Kok kamu jadi kayak gini?” atau “Wah! Tumben jadi kayak gini!” atau kalimat lainnya yang sejenis, saat itulah karakter perubahanmu telah terbentuk. Tipsnya, pertahankan!

 

Ketujuh tantangan di atas harus dilewati secara bertahap agar perubahan itu ada.

Kita coba, yuk! Demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik!

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Michaelangelo dan ‘The Masterpiece’

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Michaelangelo adalah nama salah satu tokoh komik Teenage Mutant Ninja Turtle (TMNT) alias Kura-Kura Ninja. Tapi yang akan diceritakan kali ini bukan Michaelangelo yang itu, melainkan Michaelangelo sang pelukis sekaligus pemahat besar asal Italia. Namanya sama karena nama-nama tokoh yang ada di TMNT diambil dari tokoh penghasil karya-karya besar.

Pada suatu hari saat usianya menginjak masa-masa senja, Michaelangelo merencanakan untuk mambuat sebuah maha karya. Ia mencari kayu terbaik dari penjuru dunia demi karya terbaiknya. Setelah menemukan yang dicari, ia menyimpan kayu itu di halaman rumahnya.

Keesokan harinya, Michaelangelo mulai memahat kayu itu. Tanpa disadari, perbuatannya diketahui oleh salah seorang cucunya. Ia memperhatikan apa yang dilakukan kakeknya setiap hari sampai karyanya itu tercipta dengan sangat luar biasa.

Saat orang-orang suka dan bangga¬†dengan mengatakannya sebagai¬†The Masterpiece, dalam sebuah kesempatan si cucu bertanya pada Michaelangelo, ‚ÄúKek, kok Kakek bisa, sih, nyiptain karya yang bagus banget kayak gitu?‚ÄĚ

Di luar dugaan, Michaelangelo malah menjawab, ‚ÄúCu, kata siapa kakek nyiptain itu? Kakek nggak pernah nyiptain, kok!‚ÄĚ

‚ÄúAh, Kakek bohong! Dari pertama Kakek bikin karya itu sampai selesai, saya selalu lihat, kok! Sudah jelas Kakek yang bikin!‚ÄĚ

Dengan sebuah senyuman, Michaelangelo menjelaskan, ‚ÄúKakek nggak pernah menciptakannya‚Ķ Sebetulnya dalam kayu itu sebelumnya sudah ada karya besar. Kakek hanya membuang atau memahat potongan-potongan kayu yang nggak diperlukan saja‚Ķ‚ÄĚ

 

Sungguh jawaban yang luar biasa. Tidak hanya karena untaian kata-katanya, tetapi juga dari makna yang tersirat di dalamnya.

‚ÄėThe Masterpiece‚Äô mirip dengan manusia yang memang adalah The Masterpiece milik Sang Pencipta. Sejak awal mula diciptakan, manusia dibekali akal, rohani, dan jasmani untuk menghadapi kehidupan. Namun potensi-potensi yang dimiliki itu terbelenggu oleh semua sikap negatif yang ada.

Setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi The Masterpiece. Pada perjalanannya, yang membedakan hanyalah seberapa besar ia bisa membuang atau memahat potongan-potongan sikap negatif yang dimilikinya. Semakin banyak potongan-potongan yang tak diperlukan itu dipahat, maka semakin besar kesempatan menjadi sebuah The Masterpiece. Semoga kita bisa menjadi The Masterpiece yang bisa membanggakan siapapun yang melihatnya…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.