Tertinggalkan kereta. Malang.

Bismillah.

Malang, bisa nama sebuah tempat di Jawa Timur, bisa juga arti lain dari ketika ga dapet keberuntungan. Dan Karafuru San mengalami keduanya sekaligus di waktu yang hampir bersamaan, seminggu yang lalu. (ini baru ditulis skarang gara2 internet yang putus-nyambung)

Kira2 tanggal 20-an April 2011, Karafuru San dapet undangan dari Amalia Sholihati, atas nama PMLDK bagian Indonesia Barat (iya kah? CMIIW). Karafuru San didaulat buat ngisi materi tentang Fund Raising terkait ke-LDK-an tanggal 1 Mei 2011 di Univ. Brawijaya, Malang. Hm, padahal yang seharusnya ngisi kan angkatan 2008 (secara, Karafuru San udah tua, angkatan 2007. Haha) Cuma pada saat itu Amal (begitu panggilannya) bilang kalo 2008 lagi ada agenda. Jadi gabisa.

Walah! Padahal tanggal 2-nya harus ngisi presentasi KESLING (nama mata kuliah di ITB, lengkapnya Kesehatan Lingkungan), yang katanya nilai presentasinya lumayan tinggi. Masalahnya, itu kelompok, bukan perorangan. Jadi ga enak kalo ga hadir. Di tengah bimbang itu (karena ongkos mahal, sementara total biaya pengganti gabisa nutup perjalanan pergi doank), akhirnya Karafuru San mengiyakan. Dengan syarat boleh ngajak partner. Maka dipilihlah si mantanartist, Gunawan Adi Waskito. Dan ada juga syarat tambahan: balik ke bandung harus hari senin tanggal 2 Mei 2011 sebelum jam 7 (soalnya jadwal presentasinya jam 7 pagi.. T_T)

Dan jadilah, Amal nyari tiket kereta, hari Jumat. Ternyata rada mahallll… Akhir pekan sih.. Berangkat pake ekonomi-Malabar (130ribu seorang) dan pulangnya pake executive-Turangga (255ribu seorang). Karafuru San ngecek jam sampe kereta Turangga: “Oke, sampe di Bandung jam 6 pagi hari Senin. Keburu, lah, dateng kampus walau tanpa mandi”. Si Turangga itu tapi ga berhenti di Malang. So, Karafuru terpaksa harus ngambil kereta ke Surabaya dulu, naik dari sana. Keretanya bakal berangkat jam 6 sore, mau ga mau Karafuru San harus sampe di stasiun Gubeng-Surabaya, sebelum jam 6 sore. Amal ngasih tau kalo dari Malang bakal ada kereta api yang ke Surabaya jam 12.30, jam 2, sama jam 3. Disaranin berangkat yang jam 2, soalnya perjalanan Malang-Surabaya kalo naik kereta sekitar 2,5 jam.

(kisah tentang ribetnya Amal milih jenis kereta buat pulang dihilangin biar menghemar space.. ^_^v)

Hari keberangkatan pun tiba. Sabtu, 30 April 2011. 15.30 WIB. Sesuai prediksi, kereta berangkat tepat waktu. Beberapa saat kereta berangkat, Karafuru San sama Gunawan diminta tuker tempat duduk oleh ibu2 gara2 dia dan anaknya bisa mual kalo ngadep ke belakang. Perlu dicatet, saat itu kami ada di gerbong ekonomi dengan formasi tenpat duduk 3-2. Saya sama Gunawan duduk di kursi buat 3 orang. Hohoho, sempitnyaaaa.. Di tambah ngeliat pemandangan yang maju ke belakang, bisa bikin muntah buat yang belum terbiasa.. Untungnya Karafuru San nggak. haha.

Sekitar sejam kemudian, ada kondektur yang ngecek tiket, dan semua aman, soalnya sesuai (menurut si kondektur), kecuali saya dan Gunawan yang udah bertuker tempat duduk sama ibu dan seorang anaknya itu. Di petugas pengeceknya sih oke-oke aja. kira-kira 9 jam kemudian, sampelah di Stasion Tugu, Yogyakarta. sebagian penumpang ada yang turun, dan ga sedikit juga yang naik.. NAH! Ada penumpang yang naik, rupanya tiketnya menunjukkan kalo dia harusnya duduk di tempat duduk yang saya dan Gunawan dudukin!!! NAH, LHO!

Ko bisa? Rupanya yang salah si ibu dan anaknya! Harusnya dia duduk bukan di gerbong 2, melainkan gerbong 1! Penumpang itu mempermasalahkan. Untungnya si ibu itu masih bisa berkilah, dengan nyuruh mereka ke gerbong 1. Kasian juga, malem2 dini hari, mau naik kereta, malah diusir. Untunglah penumpangnya baik, mereka pun mau pindah, walau terpaksa. Dalam hati, Karafuru San ngedumel: “Walah, ko petugasnya tadi ga teliti!?”

Kereta pun akhirnya berhenti di Malang jam 9 pagi. Ada satu kejadian sebenernya yang lupa diceritain. Harusnya Karafuru San ngisi jam 8.30. Cuma, gara2 keretanya dateng jam segitu (jam 9), mau ga mau panitia nge-switch. Jadi, dapetlah Karafuru San ngisi di sesi 2, jam 10.30. Pagi itu, setelah sampe, Karafuru San dan Gunawan, sarapan nasi rawon setelah malem berlapar-lapar ria (sempet ngisi perut pake POPMIE.. T_T).

Setelah sarapan, masih ada waktu, masih jam 9.30. “Mandi, yuk, Gun!” Ajak Karafuru San. Dan Gunawan pun mengiyakan. Biar enak, mandinya di mesjid aja.. Gunawan pun bertanya ke polisi perihal Mesjid terdekat. Si polisi itu bilang, “Oh, di mesjid Agung aja. Tinggal lurus, terus belok kiri.” “Deket, Pak?” “Deket ko…”

Dan kami pun melangkahkan kaki. Sambil menyusuri jalan, sambil foto2.. sayang nya fotonya masih di Gunawan, jadi lum sempet di-publish di sini.. Setelah jalan lurus tadi, ketemu sama simpang lingkar depan Gedung Pemerintahan. “”Wah, pasti di belakang Gedung ini” pikir Karafuru San. Begitu belok kiri, “LHO! Manaaaaa????”

Dari pada nyasar, Karafuru San nanya ke mbak2 yang ada di sana. Jawabannya: “Oh, terus aja, lurus terus”. Akhirnya Karafuru San pun jalan lurus. Ternyata melewati mes-nya PERSEMA (buat yang belum tau, itu nama klub di LPI yang ada Irfan Bachdim-nya)! Sayang lagi adem ayem, mungkin lagi di rumah masing-masing kali, para pemain persema-nya..

Hm… Perjalanan dilanjutkan… Tapi… Ko ga sampe!?

Akhirnya sampe:

1 kilo kemudian!!!! Dan itu dilalui dengan jalan kaki… “Segini deket, ya, pak polisi? haha… olahraga, OLAHRAGAAAA…”

Ngosh, ngosh… nafas Karafuru San ga bisa diatur…

Setelah ketemu Mesjid 2 tingkat, Karafuru San ngeliat kalo Mesjid itu dipager, dan dikunci. Nanya lah ke orang2 berpeci dan bersarung yang duduk-duduk di depan, “Mas, bisa numpang ke toilet?”

“Wah, gabisa, lagi dibersihin..”

GUBRAKKKK!!!! Baru tau kalo gabisa masuk mesjid gara lagi dibersihin. Padahal di menara mesjid, banyak anak2 lari-larian… heu..

Eh, bentar.. Jam berapa ini!?

Jam sudah menunjukkan pukul 10!!!!

Lum mandi. harus ngisi. belum dijemput. Ga tau Malang. Piye?

(bersambung ke Tertinggalkan Kereta. Malang. Bagian 2)

Advertisements

Dia yang Benama Zaky

Bismillah..

Wah, kesibukan di lab sempet bikin Karafuru San ga nulis di blog…

Beruntung, barusan, pas mau berangkat ke mesjid, di luar pintu kosan, dari kosan sebelah, terdengar suara, “Aa Raf..” dan ternyata itu Zaky, anak berusia 6 tahun yang punya kosan sebelah.

Tadi, Karafuru San ga berangkat sendiri, ada Ka Ardi, penghuni kosan yang ditinggali Zaky. Tadi mampir ke kosan Karafuru San buat mengunjungi kosan lamanya. Yup, taun lalu dia kosan di sini, tapi karena butuh yang sistem bayarnya perbulan, dia pindah.

Nah, singkat cerita, kamipun ke mesjid. Tak dinyana, suara yang sama terdengar ketika hendak memulai shalat isya. Rupanya Zaky ngikutin! Wow.. itulah untuk yang pertama kalinya Karafuru San ngeliat dia di Mesjid Al-Bayyinah, mesjid deket kosan.

Zaky shalatnya berselang 3 orang dengan Karafuru San, tapi gerak geriknya yang slalu ‘ngintip’ gerakan Karafuru San hampir bikin ga fokus! Masya Allah.. Setelah shalat, dia ngehampirin, dan setelah ditanya, ternyata dia berangkat sendiri ke mesjid! Kenapa? “pengen ikut a araf ke mesjid..”

Wow..

Karafuru San berkata dalam hati, “Siapa saya?”

Kami baru pertama kenal kira2 sebulan yang lalu, waktu Karafuru San main ke rumahnya buat ngebenerin komputer Remon, salah satu penghuni kos yang juga pernah sekosan dengan Karafuru San. (Haha, ini untuk yang ketiga kalinya ngoprek komputer/laptop orang lain. merasa berguna, keilmuan elektro yang dimiliki) Di sana, Karafuru San, sempet terpukau sama Zaky, soalnya waktu Remon nyebut kata-kata yang ga seharusnya terucap, anak bermata agak sipit itu bilang, “kata mamah ga boleh, bahasanya kotor, ih.”

Ternyata setelah ditanya2, Zaky itu saat ini lagi bersekolah di sekolah islam. Dengan kedua orangtuanya yang juga lumayan terhadap agama. Satu minusnya, hanya kakeknya yang sering ke mesjid, ayahnya belum.. Makanya, Zaky pun belum dilatih ke mesjid..

Pengalaman Zaky shalat di mesjid itu bikin Karafuru San lebih bersemangat! Ada hikmahnya.. Kalo Zaky bisa gerak ke mesjid cuma gara2 ga sengaja ngeliat Karafuru San ke mesjid? gimana dengan temen2 yang lain?

So, ini saatnya buat lebih banyak ngasih contoh yang baik buat lingkungan sekitar… Yuk!!! ^_^

Smoga punya anak yang lebih lucu dari dia… ini fotonya:

Hikmah Tidak Istiqamah

Assalamu’alaykum.

http://www.smileycodes.info
“Menyebalkan!”

Mungkin itu yang dirasakan Karafuru San, setelah gagal di UTS sore barusan. Sebenernya yang dimaksud gagal di sini bukan berarti ga ngerti. Itu semua soal yang keluar sebenernya gampang. Tapi entah kenapa seolah nggak ditakdirkan untuk dapet bagus. Mulai dari salah sangka, harusnya dikurang malah ditambah, sampe harusnya kurang tanda “-” buat angka negatif.

Akhirnya Karafuru San mikir: “kenapa, ya, dapet kejadian itu?”
Mungkin ada banyak penyebabnya:
– memulai hari dengan ibadah ga tepat waktu
– memulai hari ga mengucap doa
– ga menjaga pandangan
– belum melakukan sesuatu yang diamanahin Nisa
– belum minta doa ke orangtua.

Nah, mungkin yang terakhir yang paling kena… Soalnya, biasanya Karafuru San selalu ngasihtau keluarga terutama orangtua kalo ada ujian, dan biasanya langsung didoakan, salah satunya dengan parameter balasan sms: “Iya, pasti didoain.. Smoga dimudahkan, ya, ujiannya.”

Tapi hari ini, entah mengapa hal itu terlupakan.. Padahal mungkin aja, ini merupakan satu amalan yang disukai oleh-Nya.. Apalagi, dengan meminta pada-Nya membuktikan kalo kita memang membutuhkan-Nya. lebih ‘apalagi’, kalo yang meminta itu ga cuma seorang, melainkan banyak (dalam kasus ini, Karafuru San, ayah, ibu, dan adik2nya)..

Smoga ke depannya, hal ini ga terulang, sehingga Karafuru San bisa dapet nilai SEMPURNA! Amiiiinnnn..
http://www.smileycodes.info

Maket of an Electrical Engineer

Assalamu’alaykum..

Today, one of my friends who studies Interior Design at Itenas, Kiki, tag me on her photo which is a picture of “Simple House for Electrical Engineer” Maket. The Maket is pretty awesome (though it hasn’t been colored yet).

Actually, My Friend made it for her project. Her lecturer asked her to make a maket of engineer house. By that time, she choosed me as an electrical engineer. The maket itself built by some my requests. For example, I’d like to have an oval shape of wall. And Tada! She made it! Hehehe.

By the way, there are some rooms as we can see from the pic. One room for the toilet, one room for the bedroom, and another room is as electrical engineer room. That is the room where the engineer can do engineering works.

Alhamdulillah, the project has been acomplished. And for that, she got a good result for her maket.. 🙂

Yeah!!! 😀

In BAHASA:

Hari ini, temen Karafuru  yang belajar Desain Interior di Itenas, Kiki, ngetag Karafuru di fotonya, yaitu maket “Rumah Sederhana Engineer Elektro” yang terlihat cukup baik (meskipun belum diwarnai).

Maket tersebut dibuat untuk memenuhi salah satu tugas kuliahnya-nya: maket untuk rumah engineer. Pada saat itu, ia milih Karafuru yang saat ini kuliah di teknik elektro buat ngebantu tugasnya. Maketnya itu sendiri dibangun oleh beberapa permintaan Karafuru. Misalnya, Karafuru suka ada dinding yang bentuknya oval. Dan ternyata, dibikin sama dia! Hehehe..

Ngomong-ngomong, dari gambar, ada beberapa ruangan. Satu ruang untuk toilet, satu ruang untuk kamar tidur, dan satu ruangan lain adalah sebagai ruang insinyur listrik. Itulah ruangan tempat insinyur bisa melakukan pekerjaan engineering-nya.

Alhamdulillah, proyek tersebut terlaksana. Dan untuk itu, dia mendapat hasil yang baik untuk Maketnya .. 🙂

Yeah!!! 😀

Faith

basmallah

Assalamu’alaykum…

I just found this note…

An Atheist Professor of Philosophy speaks to his class on the problem Science has with GOD, the ALMIGHTY.
He asks one of his New Christian Students to stand and . . .

Professor : You are a Christian, aren’t you, son ?
Student : Yes, sir.
Professor : So you Believe in GOD ?
Student : Absolutely, sir.
Professor : Is GOD Good ?
Student : Sure.
Professor : Is GOD ALL – POWERFUL ?
Student : Yes.
Professor : My Brother died of Cancer even though he Prayed to GOD to Heal him. Most of us would attempt to help others who are ill. But GOD didn’t. How is this GOD good then? Hmm?

( Student is silent )

Professor : You can’t answer, can you ? Let’s start again, Young Fella. Is GOD Good?
Student : Yes.
Professor : Is Satan good ?
Student : No.
Professor : Where does Satan come from ?
Student : From . . . GOD . . .
Professor : That’s right. Tell me son, is there evil in this World?
Student : Yes.
Professor : Evil is everywhere, isn’t it ? And GOD did make everything. Correct?
Student : Yes.
Professor : So who created evil ?

(Student does not answer)

Professor : Is there Sickness? Immorality? Hatred? Ugliness? All these terrible things exist in the World, don’t they?
Student : Yes, sir.
Professor : So, who Created them ?

( Student has no answer )

Professor : Science says you have 5 Senses you use to Identify and Observe the World around you. Tell me, son . . . Have you ever Seen GOD?
Student : No, sir.
Professor : Tell us if you have ever Heard your GOD?
Student : No , sir.
Professor : Have you ever Felt your GOD, Tasted your GOD, Smelt your GOD? Have you ever had any Sensory Perception of GOD for that matter?
Student : No, sir. I’m afraid I haven’t.
Professor : Yet you still Believe in HIM?
Student : Yes.
Professor : According to Empirical, Testable, Demonstrable Protocol, Science says your GOD doesn’t exist. What do you say to that, son?
Student : Nothing. I only have my Faith.
Professor : Yes, Faith. And that is the Problem Science has.
Student : Professor, is there such a thing as Heat?
Professor : Yes.
Student : And is there such a thing as Cold?
Professor : Yes.
Student : No sir. There isn’t.

( The Lecture Theatre becomes very quiet with this turn of events )

Student : Sir, you can have Lots of Heat, even More Heat, Superheat, Mega Heat, White Heat, a Little Heat or No Heat…
But we don’t have anything called Cold. We can hit 458 Degrees below Zero which is No Heat, but we can’t go any further after that. There is no such thing as Cold. Cold is only a Word we use to describe the Absence of Heat.
We cannot Measure Cold.
Heat is Energy.
Cold is Not the Opposite of Heat, sir, just the Absence of it.

( There is Pin – Drop Silence in the Lecture Theatre )

Student : What about Darkness, Professor? Is there such a thing as Darkness?
Professor : Yes. What is Night if there isn’t Darkness?
Student : You’re wrong again, sir.
Darkness is the Absence of Something
You can have Low Light, Normal Light, Bright Light, Flashing Light . . .
But if you have No Light constantly, you have nothing and its called
Darkness, isn’t it? In reality, Darkness isn’t.
If it is, were you would be able to make Darkness Darker, wouldn’t you?
Professor : So what is the point you are making, Young Man ?
Student : Sir, my point is your Philosophical Premise is flawed.
Professor : Flawed ? Can you explain how?
Student : Sir, you are working on the Premise of Duality.
You argue there is Life and then there is Death,
a Good GOD and a Bad GOD.
You are viewing the Concept of GOD as something finite,
something we can measure.
Sir, Science can’t even explain a Thought.
It uses Electricity and Magnetism, but has never seen,
much less fully understood either one.
To view Death as the Opposite of Life is to be ignorant of the fact that
Death cannot exist as a Substantive Thing.
Death is Not the Opposite of Life: just the Absence of it.
Now tell me, Professor, do you teach your Students that they evolved from a Monkey?
Professor : If you are referring to the Natural Evolutionary Process, yes, of course, I do.
Student : Have you ever observed Evolution with your own eyes, sir?

( The Professor shakes his head with a Smile, beginning to realize where the Argument is going )

Student : Since no one has ever observed the Process of Evolution at work and
Cannot even prove that this Process is an On – Going Endeavor,
Are you not teaching your Opinion, sir?
Are you not a Scientist but a Preacher?

( The Class is in Uproar )

Student : Is there anyone in the Class who has ever seen the Professor’s Brain?

( The Class breaks out into Laughter )

Student : Is there anyone here who has ever heard the Professor’s Brain, Felt it, touched or Smelt it? . . .
No one appears to have done so.
So, according to the Established Rules of Empirical, Stable,
Demonstrable Protocol, Science says that you have No Brain, sir.
With all due respect, sir, how do we then Trust your Lectures, sir?

(The Room is Silent. The Professor stares at the Student, his face unfathomable. )

Professor : I guess you’ll have to take them on Faith, son.
Student : That is it sir . . .
The Link between Man & GOD is FAITH.
That is all that Keeps Things Moving & Alive.
NB:
I believe you have enjoyed the Conversation . . . and if so . . .
You’ll probably want your Friends / Colleagues to enjoy the same . . . won’t you?
Forward them to Increase their Knowledge . . . or FAITH.
It turned out later that the student is Albert Einstein.

Another Story of Mom…

basmallah2

Assalamu’alaykum…

This post tells us about another story of Mom…

A few days ago, Karafuru San got this from a friend,

For add, It’s Naadhira Ali who read this verse…

My Mom Is Amazing

She wakes up early in the morning with a smile
And she holds my head up high
Don’t you ever let anybody put you down
Cos you are my little angelThen she makes something warm for me to drink
Cos it’s cold out there, she thinks
Then she walks me to school, Yes I aint no fool
I just think my Mom is amazing

She makes me feel
Like I can do anything
and when she’s with me
there’s no where else, I’d rather be…

After School, she’s waiting by the gate
I’m so happy that I just can’t wait
To get home to tell her how my day went
And eat the yummy food, only my Mom makes

Then I wind her up cos I don’t wanna bath
And we run around the house with a laugh
No matter what I say, she gets her way
I think my Mom is amazing

She makes me feel
Like I can do anything
and when she’s with me
there’s no where else, I’d rather be…

In the evening, she tucks me into bed
And I wrap my arms around her head
Then she tells me a tale of a girl far away
Who one day became a princess

I‘m so happy, I don’t want her to leave
So she lies in bed with me
As I close my eyes, how lucky am I
To have a Mom that’s so amazing

She makes me feel
Like I can do anything
and when she’s with me
there’s no where else, I’d rather be…

Then I wake up in the morning, she’s not there
And I realize she never was
And I’m still here in this lonely orphanage
With so many just like me

And as my dreams begin to fade
I try hard to look forward to my day
But there’s a pain in my heart that’s a craving
How I wish I had a Mom that’s amazing
Would be amazing

Well… If you, Karafuru Friends, still have parents (especially Mom), why you delay your “I love you” or “Thanks God you’re still here” or “Thank you for your love” or even say nothing?

Sepenggal Kisah tentang Kasih Ibu…

basmallah2

Assalamu’alaykum…

Di suatu masa, di saat computer belum ditemukan, di saat sistem pemerintahan masih berupa kerajaan, hiduplah seorang remaja berusia sembilan belas tahun, bernama Fulan.

Dalam kesehariannya, Fulan adalah anak yang cerdas, tampan, penuh bakat (salah satunya pandai memasak), dan ramah pada setiap orang bahkan yang belum begitu dikenalnya.

Pada suatu pagi, Ibunya menyiapkan makanan kesukaannya. Saat melihat makanan itu, ia hanya mengucapkan “Terima kasih” dengan nada datar, singkat, disertai dengan senyuman singkat dari bibirnya. Setelah selesai memakannya untuk memulai aktifitasnya sebagai pengajar di kerajaan, ia langsung pergi setelah mengatakan, “Bu, pergi dulu…”

Fulan tiba di istana dengan sambutan hangat dari raja. Ia lalu pergi ke kamar salah satu pangeran untuk menyampaikan kupu-kupu kertas buatannya sebelum mengajari anak-anak sekitar kerajaan seperti biasa. Setelah selesai mengajar (dan berniat membantu di dapur istana sebagai asisten juru masak), ia mendengar keributan kalau salah satu pangeran kerajaan tewas. Entah bagaimana, namun di ruangan tempat pangeran tewas tersebut terdapat pisau milik Fulan penuh darah. Awalnya ia menyangkal. Namun setelah diperiksa, dalam tas yang biasa ia kenakan, pisau itu tak ditemukan. Singkat cerita, Fulan menjadi satu-satunya tersangka yang dicurigai.

Fulan berontak, tak percaya. Ia tahu bahwa dirinya tak mungkin melakukan itu. Sebetulnya seluruh anggota istana (termasuk raja dan para penasehat) tak ingin pula percaya. Tapi karena pisau miliknya ada di tempat kejadian, mereka mau tak mau menjadikannya sebagai tersangka. Adalah peraturan di sana bahwa seorang penghilang nyawa akan dibalas dengan nyawa dalam satu hari dengan disaksikan dengan cara digantung tepat ketika lonceng raksasa istana berbunyi pada tengah hari, setelah sebelumnya dikurung. Artinya, keesokan hari Fulan harus menerima konsekuensi itu.

Dalam kurungannya, ia terus menjerit, berteriak pada para penjaga, salah satunya untuk menyampaikan pada ibunya agar ia datang menolongnya. Dalam tangisnya ia berharap agar ibunya mau percaya kalau yang melakukan pembunuhan itu bukanlah dirinya. Ibunyalah satu-satunya orang yang bisa ia harapkan setelah ayahnya meninggal 5 tahun yang lalu.

Keesokan harinya, hari penggantungan tiba. Dengan disaksikan beribu orang yang tak percaya mendengar ‘orang hebat istana’ akan digantung, Fulan bergerak dengan langkah gontai keluar dari kurungannya. Dengan mata tertutup ia setengah diseret oleh para pengawal istana, hingga tiba di tempat penggantungan.

Matahari sudah hampir berada di puncak. Dalam keringat yang telah bercucuran, Fulan pasrah, beritanya mungkin tak sampai ke ibunya. Artinya tak ada satupun yang akan menolongnya meski hanya dengan kata-kata pada sang raja.

Ia menunggu, begitu pun dengan keluarga istana dan orang-orang yang menyaksikan.

Matahari kini sudah berada tepat di atas. Tapi lonceng kerajaan belum juga berbunyi. Padahal selama lonceng itu dibuat, belum pernah sedikitpun terlambat…

Raja akhirnya memerintahkan salah seorang pengawal untuk mengecek lonceng itu kalau-kalau rusak atau ada orang lain yang sengaja merusaknya. Dan setelah diperiksa, sang pengawal kembali dengan sebuah berita yang juga pada akhirnya sampai ke telinga Fulan.

Lonceng raksasa itu tak berbunyi bukan karena rusak, bukan pula karena ada orang lain yang merusaknya. Lonceng itu tak berbunyi karena ada satu sosok tubuh di sana. Saat ini sosok itu sudah tak bernafas lagi, menyisakan darah yang menghiasi loceng kebanggaan istana. Ternyata sosok tubuh itulah yang menghalangi pendulum lonceng untuk terbentur dengan baja, dengan sebuah pelukan yang tegar, yang mengakibatkan bagian perutnya hancur… Sosok itu adalah ibu Fulan.

“TIDAAAAAAK!!!” Fulan menjerit. Ia tak menyangka berita itu sampai pada ibunya. Ibu yang selalu memberi masakan terbaik untuknya walau ia jarang berkata terima kasih dengan tulus. Ibu yang selalu memberikan senyuman hangat setiap harinya, walau ia jarang membalas senyuman itu dengan senyuman kebanggaan dari bibirnya.

Fulan begitu menyesal… Ia begitu ingin kembali ke saat di mana ia menikmati masakan buatan ibunya, dan mengatakan, “Bu… masakan buatanmu sangaaaat enak! Tak ada duanya! Besok buat lagi, ya! Aku sayang Ibu…”

Tapi ia tau, tak mungkin… Karena tangisnya dan jasad ibunya adalah saksi yang berkata bahwa masa lalu tak mungkin kembali…

*******

Rasulullah SAW saat ditanya, “Kepada siapa aku harus berbuat yang terbaik dalam kehidupanku?”, beliau menjawab, “Ibumu” sampai tiga kali (sebelum “Ayahmu”)…

Sahabat KarafuruWorld, mumpung hari ibu, ni… (walau sebetulnya bisa kita lakukan kapanpun), kita gunakan kesempatan ini untuk lebih dekat kepadanya, yuk! Jangan siakan kesempatan walaupun hanya berkata, “Aku cinta Ibu” atau, “Masakan ibu enak!” atau apapun yang bisa lebih mendekatkan diri kita padanya. Akan lebih indah kalau mau memberikan suatu benda untuknya selain ungkapan perkataan dan perasaan kita…

***

Selamat hari Ibu, Ma…