RAHASIA DIBALIK MIND MAP

basmallah

Assalamu’alaykum…
Alhamdulillah, setelah sakit beberapa pekan, Karafuru San kembali bisa menulis…
Smoga tulisan ini menjadi awal kebangkitan Karafuru San (walah walah… Emang vampire, ya?)

Tulisan kali ini adalah tentang Mind Map. Pernah dengar?

Ya, mind map merupakan sebuah cara yang mudah untuk meningkatkan kemampuan daya ingat kita. Dengan mind map, kita bisa mengingat apapun lebih mudah. Cuma, pandangan kebanyakan orang tentang mind map adalah untuk menghafal mata kuliah atau mata pelajaran. Padahal mind map bisa digunakan untuk berbagai, hal…
Seperti mengingat siapa temen yang minjem uang (hehehe…) sampai menyiapkan konsep acara.

Tapi, seberapa tahu Sahabat Karafuru tentang rahasia dibalik Mind Map??? Coba cek…

1. Kebanyakan bilang mind map itu musti bagus…
Realitanya, apa yang kita tulis bakal lebih kita inget daripada apa yang orang lain tulis. Berfikir buat minta temen bikinin mind map atau ngehiasnya? Nggak, deh…

2. Kebanyakan bilang Semakin banyak gambar semakin bagus…
Kurang tepat! Semakin banyak gambar justru membuat kita akan lebih terfokus buat menggambar ketimbang mengingat dan memahami… Jadi, jumlah gambar atau hiasannya lebih baik proporsional, jangan sampe nggak ada, tapi jangan juga kebanyakan.

3. Kebanyakan bilang Kata kunci dilingkari atau dibatasi dengan pembatas
Hm… Dengan membatasi kata kuci dengan sebuah (gambar) pembatas membuat pikiran kita mau nggak mau dibatasi juga. Otak nantinya cenderung ‘malas’ untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang apa yang kita tulis, lho!

4. Kebanyakan Membuat mind map, setelah selesai, dipajang, lalu dilupakan
Wah, wah, masih inget peribahasa “Bisa karena biasa”? Kalau kita pengen apa yang ada dalam mind map itu teringat terus, hindari, deh, melupakannya, apalagi malah nggak dipajang. Otak alam bawah sadar kita mesti terus dilatih agar nantinya bisa teringat terus… Lebih baik kalau dipajang di tempat2 di mana kita pasti bakal ngeliat itu setiap harinya…

(segitu dulu rahasianya, ntar kalau ada lagi rahasia lain, Insya Allah Karafuru San bagi…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s