Kenapa Masalah Datang?

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

“Aduh, Ibu bingung!!! Anak Ibu kecelakaan, padahal Ibu nggak ada duit buat bayar Rumah Sakit…”

“Hh… Dagangan kurang laku, Dik… Kenapa, ya!? Padahal Bulan Ramadhan…”

“Aduuuh! Kok liburnya baru 3 hari sebelum lebaran, sih!? Kan macet!!!!”

“Kenapa, sih? Dia malah nyontek laporanku? Jadinya praktikum dapet 0!!!”

“Temenku aneh!!!”

…….

Kenapa empat kalimat tadi terlihat uring-uringan? Jawabannya : Masalah datang, atau kita malah menganggapnya sebagai masalah.

Terus… Kenapa sih masalah bisa datang?

1. Masalah = perasaan. Ada nggaknya masalah tergantung dari perasaan kita. Saat kita menganggap suatu hal sebagai masalah, maka itu bakal jadi masalah. Kalo nggak? Ya nggak…

2. Masalah = cinta. Masalah yang Ia turunkan ke kita adalah bukti kalau Ia memperhatikan kita dengan kecintaan-Nya. Tantangannya… Apa kita masih mengingat-Nya saat masalah itu datang?

3. Masalah = kesempatan. Semakin banyak masalah semakin banyak pula kesempatan ‘naik tingkat’ kualitas diri kita dalam nge-handle masalah. Nggak ada masalah, nggak bisa nge-handle sesuatu, kan?

4. Masalah = hati. Kunci menyelesaikan masalah ada di hati. Cepat nggaknya kita menganggap suatu masalah selesai bergantung pada kualitas hati kita…

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

9 responses to “Kenapa Masalah Datang?

  1. supaya hidup ada saat ‘hitam’nya ya?

    >> Hm… Jadi inget ‘kumpulan pria berjubah hitam’ musuhnya Shinichi, nih… Tanpa mereka, cerita Detective Conan bakal nggak rame!!!

  2. iya bener, raf… yang jadi masalah, sebenarnya bukan masalah itu sendiri, tapi bagaimana menghadapinya. hehe

    >>Setuju, Teh Santi… Tergantung kitanya juga, sih. Kalo setiap hal jadi masalah, berarti yang jadi sumber masalah itu bukan syapa2… tapi kita. Bener, nggak?

  3. kadang masalah bikin pusing kepala buat apa dipikirin kalau cuma bikin pusing ajah

    masalah jangan dihadapi dengan tangan hampa tapi dengan penyelesaian yang tepat

    yupss,,yups,,,

    YUPS!:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s