Trik Terbaik Untuk Bisa Berubah

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Untuk bisa berubah dari suatu sosok ke sosok lain (yang lebih baik) bukan suatu hal yang gampang. Kadang saat kita merasa berhasil, justru setelah itu kita malah kembali ke sosok sebelumnya. Beberapa kenalan juga merasakan kesulitan saat pengen berubah dari kebiasaan (contohnya) menulis kalimat-kalimat bersayap alias yang maknanya banyak, merokok, berperilaku seperti anak kecil (kurang dewasa), dsb. Tapi… Asal tau triknya, semua itu bisa dilakukan, kok…

Ada tujuh trik (tantangan) yang musti dilewati saat kita ingin berubah…

1. Pola pikir

Pola pikir ini bakal terbentuk saat kita yakin suatu hal yang biasa kita lakukan adalah benar atau salah. Kadang dibutuhkan pemahaman dari sudut pandang yang berbeda. Saat hati kita setuju dengan pendapat orang di sekitar kita, itulah pola pikir kita. Tipsnya : tanyakan pada hati nurani, keluarga, dan teman kita, apakah hal itu baik atau nggak. Hati-hati! Apa yang biasa kita lihat, dengar, dan rasakan SANGAT memengaruhi pola pikir kita!

2. Memori

Saat kita yakin suatu hal benar atau salah, tanamkan itu dalam memori kita. Tipsnya : visualisasikan apa perubahan yang ingin kita tuju dengan cara (misalnya) menempel sebuah gambar yang menggambarkan kondisi perubahan yang ingin kita tuju di tempat yang sering kita tempati (contoh : di kamar)

3. Gagasan/niat

Sehebat apapun keinginan kita untuk berubah, kalau cuma terlintas di kepala doank, percuma! Harus ada niat! Masih ingat kata Bang Napi? Kejahatan aja nggak bakal terjadi kalo nggak ada niat. Apalagi arah menuju perubahan… Tipsnya : Asupan ke memori musti kuat dulu…

4. Tekad

Beda niat dengan tekad ada pada seberapa mau kita berusaha untuk menuju ke arah perubahan. Jika terlintas di benak kita suatu perubahan dan ingin menuju ke arah situ, itulah niat. Tapi kalau ditambah adanya pemikiran ‘bagaimana caranya ke arah situ?’, itulah tekad. Tipsnya, minta bantuan orang-orang yang ada di sekitar kita yang bisa membantu ke arah perubahan itu untuk terus mengingatkan. Karena tanpa mereka, sebuah tekad bisa luntur, lho!!!

5. Tindakan

No Action Plan Only (nggak ada tindakan, cuma niat doank) adalah hal yang nggak masuk akal. Bagaimanapun juga Sang Maha Pencipta nggak akan mengubah seseorang jika orang itu nggak mau mengubah dirinya sendiri dan nggak ada tindakan. Tipsnya, jangan menunggu untuk berubah. Semakin lama nunggu, semakin besar waktu yang kita buang hanya untuk menunggu hal yang nggak pasti. Do it right now!

6. Tingkah laku

Tindakan yang cuma dilakukan sekali masih belum bisa mengubah kita. Tindakan itu harus dilakukan berulang kali agar menjadi sebuah tingkah laku. Tipsnya, lakukan hal yang menuju ke arah perubahan yang kita inginkan selama minimal tiga minggu berturut-turut. Insya Allah bisa menjadi tingkah laku.

7. Karakter

Tingkah laku inilah yang nantinya akan menjadi karakter kita. Saat orang-orang yang ada di sekitar kita bilang, “Lho! Kok kamu jadi kayak gini?” atau “Wah! Tumben jadi kayak gini!” atau kalimat lainnya yang sejenis, saat itulah karakter perubahanmu telah terbentuk. Tipsnya, pertahankan!

 

Ketujuh tantangan di atas harus dilewati secara bertahap agar perubahan itu ada.

Kita coba, yuk! Demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik!

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

4 responses to “Trik Terbaik Untuk Bisa Berubah

  1. betul raf

    segera berubah

    berubah butuh perjuangan kan??

    >> Maksud d sini siapa yg msti brubah? Curiga nyepet, nih..:-)
    Gini aja, siapa yg liat tulisan ini, doakan jg satu shbtny yg ingin brubah agar trcapai.. coz biasany doa dr org lain lbh mustajab, lho..

  2. Raf, saya rasa ada sesuatu yang terlewat…
    menurut saya..

    jikalau kita ingin berubah tuk menggapai kebahagiaan..
    inilah yang mesti diingat…

    TUJUAN HIDUP

    ketika tujuan hidup kita adalah hal yang bathil…
    mustahil kita mencapai perubahan sejati….
    jika tujuan kita brubah adalah sesuatu yang “gak jelas”
    ga mungkin kita berubah…

    karena setiap perubahan mesti disertai dengan tujuan…

    klo untuk kita sih berubah harus karena ALLAH saja (bukan karena harta, wanita atau semacamnya.. udah ada di hadist kan….)

    >> Ya… Tujuan hidup adalah satu hal yang penting. Butuh pengorbanan yang keras agar tujuan itu bisa tetap kuat dan tegar untuk tetap dipertahankan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s