Kue Hitam Manis (Ala Ibunya Karafuru San)

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Untuk yang pertama kalinya KarafuruWorld menghadirkan sesuatu yang berbeda!!! Makanan! Buat ibu-ibu, para ukhti, teteh-teteh, cewek-cewek, atau adik-adik yang tertarik dengan masak-memasak, bisa nyoba menu yang satu ini. Buat kaum adam juga boleh… Lagian nggak terlalu susah, kok… Siapa tau bisa bikin kejutan buat orang-orang yang kita sayangi atau yang kita cintai dengan makanan bikinan kita sendiri…

Ssst… Karafuru San ikut jadi koki juga, lho! Hehehe…

Coba, yuk!

Bahan :

  • ½ kg terigu
  • ½ kg gula pasir
  • ½ ons coklat
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh  backing powder
  • ¾ gelas minyak goreng
  • 2 gelas air
  • 2 sendok makan cuka
  • Mises (bener nggak nulisnya?) à yang warna-warni, ya, biar rame!
  • Mentega
  • Cup kue (kertas dan aluminium)

 

 

 

Cara Membuat :

1.     Gula, terigu, coklat, backing powder, dan soda diaduk sampai rata.

2.     Air (sedikit demi sedikit) dimasukkan.

3.     Setelah tercampur, cuka dan minyak ditambahkan lalu diaduk sampai rata.

4.     Adonan didiamkan selama beberapa saat (idealnya… katanya 5-10 menit).

5.     Adonan lalu dimasukkan ke cup kue (satu sendok makan, jangan banyak-banyak, ya! Pokoknya kira-kira aja…) dan siap untuk dipanggang.

6.     Kue-kue yang sudah matang lalu diangkat dan dibiarkan sampai dingin.

7.     Sebagai langkah terakhir, olesi dengan mentega. Lalu mises ditambahkan.

8.     Tinggal dihidangkan, deh…

 

Tips :

1.     Hati-hati jangan kelamaan manggang… Bisa-bisa malah gosong…

2.     Adonan didiamkan selama beberapa saat sebelum dimasukkan ke cup kue dan dipanggang agar nantinya mengembang dengan baik. Kalau setelah diaduk langsung dimasukkan dan dipanggang, malah nggak ngembang.

3.     Selain mises, bisa diganti sama keju, coklat bubuk, selai, atau apapun sesuai selera. Dicampur juga bisa aja… Pokoknya dalam kamus per-koki-an kata utama yang dipegang teguh adalah eksperimen, eksperimen, dan terus bereksperimen!

Jadi, Selamat mencoba, ya!

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

One response to “Kue Hitam Manis (Ala Ibunya Karafuru San)

  1. ass…!!!!!!
    pertama saya ingin mengucapkan terima kasih atas resep yang telah anda berikan, itu mungkin akan menjadi salah satu inspirasi buat para pecinta masak memasak, tapi di situ kurang jelas tentang “soda dan berapa lama memanggangnya” soalnya dalam memasak menurut saya hal itu sangat penting karena pada rasa bisa menjadi lain..bisa jadi karena salah pakai soda atau lama pemanggangan kurang lama..bisa-bisa kuenya masih mentah..hehe mohon di pertimbangkan lagi.
    wass….!!!

    >> Wasw… Makasih, Kang Yoga! Udah diperbaiki koq…
    Tapi kalo soal panggang-panggangan, relatif. Normalnya sekitar 8 menitan lah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s